Minggu, 01 Maret 2015

flora dan fauna yang hampir punah

Ø     FLORA TERANCAM PUNAH
RAFLESIA  ARNOLDI

·         
Raflesia ini mempunyai ukuran dengan diameter bunga hampir mencapai 1 meter . bunga ini terkenaldengan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat . bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga digunakan untuk menarik lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan . raflesia arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang mengeluarkan inangnya untuk hidupnya . saat ini kondisi habitat Raflesia Arnoldi sangat memperhatikan sehingga jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun .  menurunya habitat bunga tersebut karena kegiataqn manusia seperti pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan , pertanian , maupun pemungkiman


 Pohon cendana

Tumbuhan cendana banyak ditemukan di Nusa tenggara Timur. Tumbuhan digunakan sebagai rempah rempah dan sebagai pengharum. Keberadaannya kini langka dan harganya mahal
·       Kantong Semar

Tumbuhan kantong semar jarang ditemukan. Tumbuhan itu tumbuh di daerah yang kekurangan unsur nitrogen. Hutan di Tangkuban Perahu Jawa Barat, merupakan salah satu tempat hidup kantong semar
Bunga Edelweis


Bunga Edelweis dikenal dengan sebutan bunga abadi. Pohon ini tumbuh di dataran berumput di daerah pegunungan. Bunganya sangat disukai serangga, seperti kupu-kupu, lalat, dan lebah. Jika cabangnya dibiarkan tumbuh tinggi dan kokoh, edelweis dapat menjadi tempat bersrang bagi burung. Di Indonesia, edelweis ditemukan di Sumatra, Jawa dan Bali.
·      Bunga Amorfofalus

Bunga ini juga disebut bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bunga amrfofalus ini pertama kali ditemukan di bengkulu. Tumbuhan raksasa ini dapat mencapai tinggi 4 meter dan berat umbinya dapat mencapai 100 kg.
Ø     Fauna Teracam Punah
·      Gajah Sumatra

Gading gajah harganya sangat mahal sehingga banyak diburu tanpa memperhatikan kelestariannya. Gajah adalah mamalia besar dari familia Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional, terdapat dua spesies yang diakui, yaitu gajah afrika  dan gajah asia , walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda. Gajah tersebar di seluruh Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Elephantidae adalah satu-satunya familia dari ordo Proboscidea yang masih lain; familia lain yang kini sudah punah termasuk mammoth dan mastodon. Gajah afrika jantan merupakan hewan darat terbesar dengan tinggi yang dapat mencapai 4 m (13 kaki) dan massa yang kurang lebih 7.000 kg (15,000 lb).

Badak Bercula Satu

Badak bercula satu termasuk jenis hewanygang paling rawan punah  didunia. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari gajah. Kulit badak sangat keras dan mempunyai sebuah tanduk dibagian depan kepala yang disebut cula. Cula ini dipercaya orang sebagai obat yg berkhasiat. Oleh karna itu, banyak orang memburu badak untuk diambil culanya. Jenis badak lain, yaitu badak sumatra dan badak india juga semakin langka dan terancam punah .
·      Burung Cendrawasih


Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Burung anggota keluarga ini dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya, terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya. Ukuran burung Cenderawasih mulai dari Cenderawasih raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cenderawasih paruh-sabit Hitam pada 110 cm dan Cenderawasih manukod jambul-bergulung pada 430 gram.Burung Cenderawasih yang paling terkenal adalah anggota genus Paradisaea, termasuk spesies tipenya, Cenderawasih kuning-besar
·      Komodo

komodo adalah satu satunya jenis kadal purba yang masih bertahan hidup. Tempat hidup asli hewan ini adalah di Pulau komodo dan di sebagian Pulau flores. Tumbuhnya berukuran besar, mencapai panjang 3 meter dan berat 50 kg.
Komodo ini mampu menelan mangsa sebesar rusa atau kambing. Komodo mencari mangsa menggunakan penciumannya yang sangat tajam.     
·     Tarsius


Tarsius adalahkera terkecil di dunia. Tinggi badannya hanya sekitar 10 cm dengan berat 100 gram. Bola mata Tarsius sangat besar dan ekornya panjang dan kuat. Keunikan lainnya adalah Tarsius dapat memutar kepalanya hingga 360 .Tarsius tinggal dan berlindung di lubang-lubang pohon. Hewan ini terdapat di Sulawesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar